Pekanbaru Tahun Baru Imlek 2566 Akan Dirayakan dengan Meriah

Pekanbaru Tahun Baru Imlek 2566 Akan Dirayakan dengan Meriah

Pekanbaru Tahun Baru Imlek 2566 Akan Dirayakan dengan Meriah
Pekanbaru Tahun Baru Imlek 2566 Akan Dirayakan dengan Meriah
Ekspodeday, Pekanbaru - Kawasan "Kampung Tionghoa Melayu" di Jalan Karet Pekanbaru nampak berbinar disinari ribuan lampion. Detik-detik menyambut Tahun Baru Imlek 2566 akan diperingati secara meriah, Rabu malam (18/2/2015).

Detik-detik menyambut Tahun Baru Imlek 2566/2015 yang jatuh hari Kamis (19/2/2015) akan diperingati secara meriah di Jalan Karet (Jalan Dr Leimena) dekat Pasar Bawah Pekanbaru pada Rabu malam (18/2/2015) mulai pukul 21.30 WIB sampai selesai.

Acara ini akan dimeriahkan hiburan dari para artis Pekanbaru, atraksi banyak barongsai dan naga, penyalaan mercon oleh para perwakilan ketua organisasi massa (ormas) Tionghoa di Riau, dan kegiatan panitia Imlek Bersama 2566.

Hal ini dijelaskan Ketua Panitia Perayaan Imlek Bersama 2566/2015 Pekanbaru Dedy Haryadi, didampingi panitia Bidang Media Ket Tjing kepada wartawan, Selasa (17/2/2015).

Menurutnya, acara detik-detik menyambut Tahun Baru Imlek 2566 ini di Pekanbaru bakal meriah.

"Setiap malam di kawasan "Kampung Tionghoa Melayu" Jalan Karet Pekanbaru ini ramai dikunjungi wisatawan lokal, Nusantara, dan mancanegara dengan pancaran kilauan ribuan lampu lampion. Beberapa pengunjung berfoto di bawah sinar lampion, dan terkadang berfoto di depan vihara. Kawasan ini menjadi daerah tujuan wisata di Kota Pekanbaru," kata Dedy Haryadi.

Sejarah Imlek

Menurut Dedy, sejarah Imlek dulunya diawali sebelum Dinasti Qin, tanggal perayaan untuk memulai suatu tahun masih belum jelas. Ada kemungkinan bahwa awal tahun bermula pada bulan 1 semasa Dinasti Xia, bulan 12 semasa Dinasti Shang, dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou di China.

"Bulan kabisat yang dipakai untuk memastikan kalender Tionghoa sejalan dengan edaran mengelilingi matahari, selalu ditambah setelah bulan 12 sejak Dinasti Shang (menurut catatan tulang ramalan) dan Zhou (menurut Sima Qian). Kaisar pertama China Qin Shi Huang menukar dan menetapkan bahwa tahun tionghoa berawal di bulan 10 pada 221 SM," ungkapnya lagi.

Kemudian, kata Dedy lagi, pada  tahun 104 SM, Kaisar Wu yang memerintah sewaktu Dinasti Han menetapkan bulan 1 sebagai awal tahun sampai sekarang.

"Jadi, Imlek dirayakan setelah Dinasti Han berkuasa," ujar Dedy yang diamini oleh Ket Tjing.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Ekspodeday adalah berita Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. Ekspodeday - All Rights Reserved | Template - Maskolis Modif by Leony Li
Proudly powered by Blogger