Beda Cara Lewatkan Valentine Day di Lima Negara

Beda Cara Lewatkan Valentine Day di Lima Negara

Beda Cara Lewatkan Valentine Day di Lima Negara
Beda Cara Lewatkan Valentine Day di Lima Negara
Ekspodeday - Valentine yang dikenal sebagai hari kasih sayang dirayakan dengan beragam cara, mulai dari memberi hadiah cantik, seperti cokelat, bunga, ataupun boneka, sampai makan malam bersama orang yang dikasihi dalam suasana romantis.

Bagaimana negara-negara lain merayakan Valentine? Apakah sama dengan perayaan yang dilakukan di Indonesia?

Amerika Serikat

Cokelat, bunga, dan kartu bernuansa Valentine tersebar di segala penjuru Amerika Serikat menjelang 14 Februari. Masyarakat Amerika Serikat merayakan kehangatan cinta dan persahabatan. Mereka saling berkirim kartu untuk mengucapkan kasih sayang. Untuk itulah, segala macam puisi dan kata-kata mutiara romantis diobral, tersebar, hingga terasa hambar juga.

Misalnya, puisi karya William Shakespeare yang berjudul ”Apakah Aku Harus Membandingkan Engkau dengan Musim Panas?” Atau puisi dari Elizabeth Barrett Browning yang mengekspresikan cinta dengan cara yang berbeda. ”Bagaimana cinta saya kepadamu, biarkan saya menghitung caranya. Saya mencintaimu dengan sangat dalam, sangat luas dan paling tinggi sampai jiwaku bisa mencapaimu,” tulis Elizabeth. Dan, kini kalimat yang paling sering ditemui dalam sebuah kartu, ”Apakah kamu mau menjadi Valentinku.”

Australia

Masyarakat Australia mempunyai beragam pilihan kado untuk diberikan kepada orang yang disayangi. Sebut saja seperti bunga, cokelat, perhiasan, sampai barang-barang berukuran besar. Kado bisa diberikan kepada orangtua. Sebuah perusahaan juga bisa memilih hari kasih sayang untuk kegiatan sosial. Mereka juga merayakan hari kasih sayang pada 14 Februari. Beberapa orang memilih tanggal tersebut untuk menikah.

Bukan hanya menyiapkan kado, warga Australia juga menyiapkan kegiatan yang manis untuk dikenang. Kegiatan itu seperti piknik di taman, makan malam romantis, rekreasi dengan kapal pesiar dengan menu spesial, sampai berbagai pesan Valentine di media sosial dan siaran radio.

Skotlandia

Di Skotlandia, Valentine dirayakan semua orang, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Mereka merayakannya dalam sebuah festival yang meriah. Semua orang berkumpul bersama keluarga, teman-teman, dan orang lain. Dalam tradisi Valentine di Skotlandia, semua orang berkumpul di pinggir jalan, laki-laki dan perempuan saling berpasangan untuk bergembira bersama-sama.

Salah satu permainan yang terkenal adalah Scottish Valentine. Peserta dibagi dalam dua kelompok laki-laki dan perempuan dengan jumlah yang sama. Kemudian, mereka menulis nama di selembar kertas yang dilipat dan disimpan dalam topi. Peserta perempuan kemudian menarik nama yang ada di dalam topi. Jika namanya cocok, akan ada hadiah ciuman dan pelukan. Dari permainan ini, beberapa pasangan melangkah ke jenjang pernikahan.

Jepang

Perayaan Valentine di Jepang bisa dibilang unik. Para perempuan akan memberikan cokelat kepada laki-laki yang disayangi. Ada dua tipe cokelat, yaitu Giri-choco yang mempunyai arti menjadi teman, kolega, bos, dan teman dekat laki-laki. Cokelat jenis kedua dinamakan Honmei-choco yang biasa diberikan kepada pacar atau suami untuk menunjukkan cinta sejati.

Ternyata enggak hanya perempuan yang memberikan cokelat kepada laki-laki, lho. Sebagai balasannya, mereka juga mempunyai White Day pada 14 Maret. Di hari itu, laki-laki membalas pemberian cokelat kepada para perempuan. Seperti nama harinya, cokelat yang diberikan pun berwarna putih.

Korea Selatan

Hampir sama dengan di Jepang, para perempuan di Korea juga memberikan cokelat kepada pujaan hati. Laki-laki akan membalasnya di White Day. Namun, ada sedikit yang berbeda. Di Korea Selatan ada Black Day yang jatuh pada 14 April. Jadi, perayaan hari kasih sayang bisa berlangsung sampai tiga bulan.

Pada Black Day, seorang jomblo yang tidak menerima hadiah apa pun bisa makan jajangmyeon atau mi hitam di restoran. Kesendirian paling nikmat memang diresapi sambil menyantap makanan enak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Ekspodeday adalah berita Ragam Kehidupan dan Inspirasi, Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. Ekspodeday - All Rights Reserved | Template - Maskolis Modif by Leony Li
Proudly powered by Blogger